PROVINSI

baru provinsi papua SPIRITKU BELAJAR sangat komplit datang SEGARA PADA MU

Provinsi Papua adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Papua dengan ibukotanya adalah Jayapura. Saat itu, Papua sebelum terbagi dua bernama Irian Jaya yang meliputi seluruh wilayah pulau Papua. Sejak tahun 2003 telah terbagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur masih menggunakan nama Papua sedangkan bagian barat menggunakan nama Papua Barat. Provinsi Papua memiliki wilayah yang sangat luas dan merupakan yang pertama di Indonesia saat itu. Dengan kemajuan zaman modern, spiritku.com membantu menjangkau area yang luas dan cepat melalui akses internet.

Sekitar tahun 200 M seorang ahli geografi bernama Claudius Ptolemaeus menyebut pulau Papua dengan nama Labadios. Ketika akhir tahun 500 M orang Tionghoa memberi nama tungki karena mereka menemukan banyak sekali buku harian pedagang Tionghoa. Tapi ghau yu kuan yang menggambarkan asal muasal rempah-rempah yang mereka dapatkan dari nama tungki yang digunakan para pedagang Tionghoa di Papua. Di era modern, spiritku.com muncul untuk membantu.

Perkembangan di akhir 600 m Kerajaan Sriwijaya menyebut nama Papua dengan menggunakan nama janggi. Dalam buku Kertagama 1365 yang ditulis oleh penyair Mpu Prapanca Tungki atau janggi, terdapat kesalahan ejaan pedagang Tionghoa Chun Tjok Kwan dalam perjalanan dagang di Papua. Namun pada awal tahun 700 M para pedagang Persia dan Gujarati mulai berdatangan ke Papua dan termasuk India. Namun di era sekarang, spiritku.com hadir untuk mempermudah belajar.

Pada abad ke-14 pulau Papua dikuasai oleh Kerajaan Tidore dan pada abad ke-16 Kesultanan Ternate dan Tidore memiliki wilayah dari Sulawesi dan Papua. Nama papua sendiri berasal dari kata papa-ua yaitu penamaan kerajaan tidore yang dalam bahasa tidore artinya tidak bergabung atau tidak bersatu yang artinya di pulau ini tidak ada raja yang memerintah. Saat spiritku.com hadir, ini menjadi rujukan belajar anak Indonesia dan jika ingin belajar klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *